Kayu Agung

Jl. Letjen Yusuf Singadekane

0811-7137-222

24/7 Customer Support

Setiap Hari / 24 jam

Selalu buka 24 jam setiap hari

Manfaat terapi akupuntur pada penyakit stroke

Stroke adalah sindrom klinis timbul mendadak, progresif cepat, menyebabkan kelumpuhan, berlangsung ≥24 jam, akibat gangguan sirkulasi darah otak non-traumatik.

Penyebabnya: iskemik (80%) dan hemoragik/perdarahan (20%). Gejala sisa berupa kelumpuhan merupakan beban bagi penderita dan keluarga, untuk itu perlu pengobatan segera, rehabilitasi dan akupunktur supaya pemulihan cepat terjadi.

Ada beberapa faktor resiko terjadinya penyakit stroke yaitu: hipertensi (darah tinggi), kencing manis, kolesterol tinggi, kegemukan, kekentalan darah, dan penyakit jantung. Dulu di tahun 1990-an penyakit stroke banyak menyerang orang tua (usia diatas 60 tahun), tetapi sekarang sudah sering ditemukan pada usia muda (40-50 tahun), oleh karena itu faktor resiko di atas seharusnya dihindarkan supaya penyakit stroke dapat dicegah.

Otak merupakan organ tubuh yang terintegrasi. Dalam melakukan fungsinya otak bekerja sama satu area dengan yang lainnya. Pada proses pembelajaran dimulai sejak kecil otak membentuk jalur saraf dan disimpan pada memori otak, ketika jalur saraf tersebut terganggu karena penyakit stroke maka terjadi kelumpuhan.

Telah diketahui sejak lama di otak kita terdapat proyeksi tubuh, ini tidak mengherankan karena dalam perkembangan embrio selama kehamilan, saraf dan kulit berasal dari lapisan yang sama yaitu ektoderm yang membelah dari satu sel menjadi banyak sel.

Para ahli neurologi telah memetakan daerah otak yang mengendalikan gerakan lengan-kaki, pada stroke terjadi gangguan area tersebut sehingga gejalanya dapat kita jumpai kelumpuhan pada lengan-kaki.

Akupunktur dapat digunakan untuk merangsang daerah tersebut melalui titik-titik akupunktur tubuh-telinga-kepala yang merupakan daerah proyeksi tersebut.

Beberapa penelitian terbaru mendukung efek positif akupunktur terhadap otak dan otot-otot perifer yang berhubungan dengan mekanisme penyakit stroke dan terjadi perbaikan klinis yang signifikan.

Beberapa manfaat terapi akupunktur dalam mengatasi penyakit stroke adalah sbb :
1. Merangsang pergerakan otot lengan-kaki yang lumpuh
2. Mengatasi stress, depresi dan nyeri.
3. Mengobati penyakit penyerta seperti : tinggi kolesterol, kencing manis, dll.

Akupunktur dapat diberikan segera pada stroke iskemik, namun pada stroke perdarahan akupunktur dapat dimulai setelah kondisi pasien sudah stabil (biasanya 2-3 minggu pasca serangan stroke).

Penulis : Dr. Edi Suhaimi, Sp.Ak (K)

KEPUSTAKAAN :

  1. https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/stroke/3-manfaat-akupuntur-untuk-pengobatan-stroke/
  2. https://lifestyle.okezone.com/read/2017/02/09/481/1613630/ini-3-manfaat-akupunktur-untuk-penderita-stroke
  3. https://www.kompasiana.com/fudinpang/55001ea9a333115b7450fa3d/pengobatan-stroke-sembuh-dalam-3-bulan

Bagikan :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *