Kayu Agung

Jl. Letjen Yusuf Singadekane

0811-7137-222

24/7 Customer Support

Setiap Hari / 24 jam

Selalu buka 24 jam setiap hari

PROFIL

Rumah Sakit Umum Daerah Kayuagung adalah Rumah Sakit milik Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir yang bertugas menyelenggarakan pelayanan kesehatan dengan upaya penyembuhan, pemulihan, peningkatan, pencegahan, pelayanan rujukan, penelitian dan pengembangan serta pengabdian masyarakat. Rumah Sakit ini berdiri pada lokasi strategis pada Jalan Lintas Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir. 

SEJARAH

Rumah Sakit Umum Daerah Kayuagung didirikan pada tahun 1935 dengan nama SECUND HEUS oleh TAIPENG, sebagai Kepala Rumah Sakit pada waktu itu adalah Bapak MANTRI RADEN MAHMUD HASAN. Rumah Sakit ini didirikan awalnya dengan maksud pemberantasan penyakit Frambusia. Sarana awal yang ada pada rumah sakit ini adalah Poliklinik Umum, Ruang Perawatan dengan 14 tempat tidur dan Kamar Bedah sederhana dengan perlengkapan peralatan yang sangat sederhana.

Sejak Tahun 1948 sampai dengan sekarang RSUD Kayuagung telah dipimpin oleh 21 Orang Tenaga Medis yang berasal dari berbagai daerah (Belanda, Jerman, Italia, India, Tiong Hoa, dan Indonesia)

Tahun 1999 mulai direncanakan pemindahan relokasi bangunan Rumah Sakit ke lokasi yang baru dengan pertimbangan Rumah Sakit lama memiliki lahan yang sempit

Bulan  Mei  2003    Seluruh Gedung Rumah   Sakit Umum Daerah  Kayuagung   yang   baru   mulai difungsikan dan diresmikan pada tanggal 16 Juni 2003 oleh Presiden Republik Indonesia (Megawati Soekarno Putri.

Buku Profil RSUD Kayuagung dimaksudkan sebagai gambaran situasi kegiatan pelayanan rumah sakit. Buku Profil RSUD Kayuagungt menyajikan data dan informasi kegiatan pelayanan rumah sakit, Sumber Daya Manusia (SDM) dan keuangan rumah sakit yang dideskripsikan dalam bentuk tabel dan grafik

Rumah Sakit Umum Daerah Kayuagung didirikan pada tahun 1935 dengan nama SECUND HEUS oleh TAIPENG, sebagai Kepala Rumah Sakit pada waktu itu adalah Bapak MANTRI RADEN MAHMUD HASAN. Rumah Sakit ini didirikan awalnya dengan maksud pemberantasan penyakit Frambusia. Sarana awal yang ada pada rumah sakit ini adalah Poliklinik Umum, Ruang Perawatan dengan 14 tempat tidur dan Kamar Bedah sederhana dengan perlengkapan peralatan yang sangat sederhana.

Selanjutnya perkembangan pembangunan Rumah Sakit secara bertahap dilaksanakan, yaitu :

  1. Tahun 1982-1983 dibangun gedung Perawatan, Radiologi, Laboratorium dan Dapur
  2. Tahun 1983-1984 dibangun gedung Administrasi dan Poliklinik Umum.
  3. Tahun 1984-1985 dibangun gedung Pemeliharaan Sarana, Selacar, Kamar Bedah, Rumah Dinas Dokter, dan Sumur Artesis
  1. Tahun 1992-1993 dibangun gedung Perawatan Anak dan UGD melalui dana APBD TK.II OKI.
  2. Tahun 1996-1997 dibangun 2 (dua) unit Rumah Dinas Dokter Spesialis, dan pengaspalan jalan melalui Dana APBD TK.II OKI dan dibangun juga melalui Dana Proyek Pengembangan  Kanwil Depkes Prop. Sum-Sel 1 (Satu) unit Instalasi Gawat Darurat, sementara Unit Gawat Darurat lama menjadi Instalasi Rawat Bedah
  3. Tahun 1999 mulai direncanakan pemindahan relokasi bangunan Rumah Sakit ke lokasi yang baru dengan pertimbangan Rumah Sakit Lama memiliki lahan yang sempit, hal ini sangat sulit untuk dikembangankan secara fisik maupun program, berlokasi ditengah permukiman penduduk dan dibukanya Jalur Lintas Timur Sumatera yang merupakan jalur lntas kendaraan transportasi darat Sumatera – Jawa.
  4. Tahun 2000 perbebasan lahan tanah yang akan digunakan sebagai lokasi pembangunan gedung Rumah Sakit
  5. Tahun 2001 mulai dilakukan pembangunan gedung baru yaitu gedung Administrasi, gedung Instalasi Rawat Jalan, gedung Perawatan I (rawat inap penyakit dalam dan rawat inap bedah) dan Gedung Instalasi Gawat Darurat.
  6. Tahun 2002 mulai dilaksanakn pembangunan gedung Radiologi, Laboratorium, gedung Perawatan II, gedung ICU/ICCU,gedung dapur / ruang setrika / ruang cuci ,pembuatan selacar penghubung – I pembuatan peralatan pakir / jalan komplek , pos satpam, Gapura, Ruang Genset & Trafo / Mesin Genset, Papan Nama RSUD,pembuatan Taman,Pagar Keliling RSUD, Panel – panel Listrik & Jaringan, Sistem Telepon Sentral, Sumur Bor Reservoar & Jaringannya, WC Umum dan gedung Operasi
  7. Bulan Mei 2003 Rumah Sakit Umum Daerah Kayuagung yang baru mulai difungsikan dan diresmikan pada tanggal 16 juni 2003 oleh Presiden Republik Indonesia ( Megawati Soekarno Putri )
  8. Tahun 2003 dilakukan pembangunan gedung Perawatan VIP , gedung Kebidanan, Instalasi Kamar Jenazah, gedung Worshop, Masjid, peralatan Parkir / jalan Komplek dan selacar penghubung – II
  9. Tahun 2004 pembangun Instalasi Pengelolaan Limbah Cair, Rumah Dinas Dokter Spesialis, Garasi, Renovasi Tata Ruang IGD,rehab selacar dan jalan lingkar komplek.
  10. Falsafah dan ideologi Rumah Sakit Umum Daerah Kayuagung dalam memberikan pelayanan kesehatan berfalsafahkan pada Bakti Husada dan beridieologi pada Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945.
  11. Rumah Sakit Umum Daerah Kayuagung adalah Rumah Sakit Khusus Kelas C
  12. Alamat Rumah Sakit Umum Daerah Kayuagung yaitu Jl. Yusuf   Singadekane Kelurahan Jua-jua Kecamatan Kayuagung    ( 0712) 323889 Fax (0712) 323889.
  13. Keputusan Bupati Ogan Komering Ilir NOMOR : 554 / KEP / RSUD / 2011 tentang Penetapan Rumah Sakit Umum Daerah Kayuagung sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah Ogan Komering Ilir Yang Menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Secarah Penuh.

Visi & Misi

VISI

Menjadikan Rumah Sakit Umum Kayuagung terbaik  dalam Pelayanan, Manajemen Umum, dengan pelayanan unggulan Emergency TraFic Accident, dijalur Lintas Timur Sumatera

MISI

  • Pelayanan yang profesional dan proaktif dengan pemberdayaan sumberdaya yang ada.
  • Meningkatkan sarana dan prasarana Rumah Sakit.
  • Menyusun dan menyempurnakan standar pelayanan sesuai dengan kode etik yang berlaku.
  • Memberikan rasa aman, nyaman dan kepuasan bagi pasien dan pengunjung Rumah Sakit.

Budaya & Motto

Motto RSUD Kayuagung yaitu STRATEGISt :

  • S : Siap, petugas yang selalu siap dalam memberikan pelayanan
  • Tra : Trampil, petugas yang terampil dalam memberikan tindakan
  • Te : Tepat, petugas selalu tepat dalam memberikan pengobatan
  • Gi : Gigih, petugas yang selalu gigih untuk mengembangkan diri
  • St : Selamat, pasien yang selamat dalam pertolongan