Kayu Agung

Jl. Letjen Yusuf Singadekane

0811-7137-222

24/7 Customer Support

Setiap Hari / 24 jam

Selalu buka 24 jam setiap hari

Terapi akupuntur dapat mengatasi jerawat yang membandel

Akne/jerawat adalah penyakit kulit yang terjadi akibat peradangan menahun dari folikel/kelenjar pilosebasea yang ditandai dengan adanya komedo, papul, pustul, nodus dan kista pada tempat predileksinya (muka, bahu, dada atau punggung).

Karena setiap orang pernah menderita penyakit ini, maka sering dianggap sebagai kelainan kulit yang fisiologis. Di USA akne vulgaris mengenai 85–100% dari penduduk pada suatu masa dalam hidupnya.

Terdapat 4 teori tentang terjadinya akne yaitu:

1).Hiperproliferasi folikel epidermis, merupakan kejadian yang pertama kali dalam perkembangan akne, hiperproliferasi folikel ini diduga karena: peningkatan hormon androgen menyebabkan penyumbatan folikel sehingga terbentuklah komedo, perubahan komposisi lemak yang menyebabkan peningkatan pengeluaran sebum dan kulit berminyak, adanya inflamasi dapat menyebabkan pembentukan komedo.

2).Kelebihan sebum, produksi sebum dan ekskresinya diatur oleh sejumlah hormon dan mediator, diantaranya adalah androgen, hormon pertumbuhan dan insuline like growth factor.

3).Adanya Propionibacterium Acnes, bakteri ini merangsang peradangan dengan membentuk mediator non inflamasi yang menyebar melalui dinding folikel, hipersensitifitas terhadap Propionibacterium Acnes juga dapat menyebabkan peradangan sehingga dapat menimbulkan akne.

4).Peradangan dapat sebagai fenomena primer atau sekunder.

Berbagai bukti sampai saat ini menunjukkan fenomena yang terjadi adalah respon peradangan sekunder terhadap Propionibacterium Acnes. Walaupun begitu, IL-1α telah diidentifikasi pada mikro komedo dan berperan penting dalam perkembangan akne.

Terapi akupuntur dapat mengatasi jerawat yang membandel

Tubuh kita mempunyai kemampuannya untuk meningkatkan homeostasis dan meregulasi produksi hormon. Ia juga dapat mengatasi depresi dan gangguan emosi lainnya yang sering menyertai terjadinya Akne vulgaris.

Pada beberapa penelitian, penusukan pada titik akupunktur ST 36, DU 14, LI 4 dan LI 11 dapat menyebabkan peningkatan jumlah dan aktifitas dari leukosit, meningkatkan imunoglobulin dan fungsi dari makrofag, yang semuanya berguna untuk meningkatkan imunitas sehingga dapat mengatasi keadaan infeksi yang terjadi pada akne.

Selain itu akupunktur efektif sebagai anti inflamasi karena menyebabkan pelebaran pembuluh darah perifer yang dapat mengabsorbsi berbagai mediator inflamasi, ia juga telah lama diketahui dapat meningkatkan IL-10 yang merupakan mediator anti inflamasi.

KEPUSTAKAAN :

  1. https://www.liputan6.com/fashion-beauty/read/3632490/benarkah-akupuntur-dapat-membantu-mengatasi-masalah-jerawat
  2. https://kumparan.com/kumparanstyle/akupuntur-ternyata-mampu-basmi-jerawat-dan-sederet-masalah-kecantikan
  3. https://www.amazine.co/23398/apakah-akupunktur-efektif-mengobati-jerawat/

Bagikan :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *